Beranda Nasional Jokowi Minta DKPP Kawal Ketat Pilkada

Jokowi Minta DKPP Kawal Ketat Pilkada

58
0
Sebarkan

1427184067Jakarta, sewarga.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) mengawasi tugas penyelenggara Pemilu. Khususnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dalam penyelenggaraan pilkada. Penyelenggara Pemilu termasuk pilkada harus independen dan melayani kepentingan pemilih sesuai hak konstitusional.

“DKPP diharapkan terus kawal dari sudut etika penyelenggara pilkada,” kata Ketua DKPP Jimly Asshidiqie di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/9).

Hal itu disampaikan Jimly usai menghadap presiden hari ini. Pertemuan ini menurut Jimly merupakan inisiatif presiden agar persiapan dan koordinasi untuk pilkada serentak lebih matang. Saat ini sudah ada 100 pengaduan ke DKPP. Namun yang memenuhi syarat sebagai pengaduan kata Jimly hanya sekitar 10 persen.

“Kurang lebih terkait dengan tahapan pencalonanya, banyak sekali. Tapi dari semua itu yang dianggap penuhi syarat hanya 10 persen dan sudah mulai disidangkan di daerah dan di ibukota provinsi,” katanya.

Di daerah, DKPP mengirimkan anggotanya juga anggota Bawaslu. Namun keputusan final mengenai perkara terkait penyelenggaraan Pemilu ada di DKPP pusat.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.