Beranda Nasional DPD Desak Segera Dilibatkan Dalam Pembuatan UU

DPD Desak Segera Dilibatkan Dalam Pembuatan UU

56
0
Sebarkan
 Ketua DPD Irman Gusman (Antara/Akbar Nugroho Gumay)
Ketua DPD Irman Gusman (Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta, sewarga.com –¬†Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengeluarkan putusan yang mewajibkan Pemerintah dan DPR mengikutsertakan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam pembahasan rancangan undang-undang yang berkaitan dengan daerah.

Menanggapinya, Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan pihaknya bersyukur dengan putusan MK yang memperkuat fungsi lembaga yang dipimpinnya. Diapun langsung meminta agar pimpinan DPR RI dan Presiden Joko Widodo segera menindaklanjutinya.

“DPD akan memberikan vitamin kepada hasil legislasi yang masih rendah. Karena kami bagian dari solusi, untuk memberikan aspirasi dan agregasi yang kita suarakan di daerah bisa kita suarakan di dalam pembahasan,” kata Irman, Rabu (23/9).

Dia mengaku akan segera mengejar realisasi putusan MK itu dengan berkomunikasi kepada pimpinan DPR RI. Pihaknya juga segera bekerja menyiapkan usulan mekanisme kerja dengan DPR dalam membuat UU.

“Kita ingin agar upaya pembahasan produk legislasi lebih efektif,” tandasnya.

MK diketahui memutuskan agar Pemerintah dan DPR wajib mengikutsertakan DPD RI dalam pembahasan RUU yang berkaitan dengan daerah.

Selama ini, DPD RI memang layaknya LSM yang dibiayai bersama karena persetujuannya tak dianggap secara resmi ketika Pemerintah dan DPR membuat UU.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.