Beranda Internasional Menag Lukman: Jemaah Indonesia Harus Taati Jadwal Lempar Jumrah

Menag Lukman: Jemaah Indonesia Harus Taati Jadwal Lempar Jumrah

149
0
Sebarkan

028045500_1442431947-20150917-haji-menag-lukman_hakimJakarta, sewarga.com – Menteri Agama sekaligus Amirul Haj, Lukman Hakim Saifuddin tak ingin tragedi Mina terulang kembali. Untuk itu, Menag mengimbau agar para jemaah haji asal Indonesia menaati jadwal lempar jumroh yang telah ditetapkan pihak panitia.

“Saya selaku Amirul Haj mengimbau jamaah menaati jadwal (melontar jumrah), yaitu pada pagi setelah Subuh atau sore mendekati Maghrib,” kata Menag di Mina sebagaimana diunggah dalam website resmi Kemenag, Jumat (25/9/2015).

Selain bertujuan untuk pengaturan arus, penjadwalan lempar jumroh juga dilakukan guna mengantisipasi suhu panas di Mina. PPIH tidak ingin jemaah asal Indonesia terkena dehidrasi saat berjalan menuju Jamarat.

Sementara itu, Kepala Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat sebelumnya telah mengungkapkan bahwa jadwal melontar jumroh sudah disampaikan pada para jemaah. Untuk jemaah haji Indonesia, dilarang melontar jumroh pada pukul 08.00-11.00 waktu Arab Saudi.

“Sebab saat itu adalah waktu di mana jamaah ramai-ramai pergi ke Jamarat untuk melontar jumrah,” kata Arsyad.

“Untuk tanggal 11 dan 12 Dhulhijjah, jamaah haji Indonesia diimbau untuk tidak melontar jumrah mulai Pukul 13.00 — 16.00, yakni pada sore hari selepas Ashar hingga menjelang Maghrib,” tegasnya.

Dalam tragedi di Mina kemarin, tiga jemaah haji asal Indonesia turut menjadi korban. Kemenag menduga, ketiga jemaah itu tersesat di Jalan 204 saat akan menuju Jamarat, mengingat Jalan 204 bukanlah jalan yang lazim dilewati jemaah asal Indonesia.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.