Beranda Nasional Normalisasi Ciliwung Kampung Pulo Target Selesai Desember

Normalisasi Ciliwung Kampung Pulo Target Selesai Desember

896
0
Sebarkan
(Foto: kompas.com)
(Foto: kompas.com)

Jakarta, sewarga.com Untuk mengantisipasi banjir di musim hujan, pengerjaan normalisasi Ciliwung di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur terus dikerjakan. Pengerjaannya saat ini telah sampai pada tahap pemasangan tiang pancang (sheet pile) sepanjang 800 meter.

Nantinya di bantaran kali akan dibangun jalan inspeksi dan tanggul sepanjang 1,9 kilometer dari RW 03 Kampung Pulo hingga Jalan Abdullah Syafei, Kampung Melayu.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menargetkan pengerjaan ini bisa selesai pada bulan Desember. “Hujan diperkirakan paling besar terjadi bulan Desember dan Januari 2016. Diperkirakan sheet pile itu Desember sudah jadi, jadi masyarakat tidak kebanjiran lagi,” ujar Bambang, Jumat (25/9).

Sementara itu, untuk mencegah banjir pihaknya juga terus memperbaiki saluran air di sejumlah wilayah. Perbaikan saluran ini dilakukan dengan pengerukan dan penertiban bangunan yang berdiri di atas saluran.

“Dari bulan Juni kita sudah lakukan perbaikan saluran. Ini untuk antisipasi wilayah di Jakarta Timur yang sering tergenang air,” tuturnya. Selain itu pihaknya juga membentuk kader penanggulangan bencana yang tersebar di 24 kelurahan di Jakarta Timur yang rawan bencana di antaranya yakni Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Pulogebang, Kelurahan Kramat Jati, dan sejumlah kelurahan lainnya.

“Harapannya kader ini bisa aktif membantu masyarakat melakukan upaya penyelamatan, bukan pasif menunggu bantuan,” tuturnya.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.