Beranda Internasional Warga China Terluka dalam Penembakan di Perbatasan Korut

Warga China Terluka dalam Penembakan di Perbatasan Korut

87
0
Sebarkan
Ilustrasi (John Pavelka/Wikimedia Commons)
Ilustrasi (John Pavelka/Wikimedia Commons)

Jakarta, sewarga.com – Pemerintah China pada Jumat (25/9) mengatakan bahwa mereka sedang menginvestigasi satu insiden di perbatasan dengan Korea Utara. Dalam insiden tersebut, seorang penduduk China tertembak dan terluka.

“Menurut apa yang kami pelajari, pada 18 September dini hari, ada baku tembak di perbatasan Korut-China. Penduduk China di perbatasan terluka. Kini, pejabat keamanan publik China sedang melakukan investigasi,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei.

Seperti dilansir Reuters, insiden tersebut terjadi pekan lalu. Media Korea Selatan melaporkan bahwa tentara Korut melepaskan tembakan ke sebuah kendaraan China.

Merujuk pada laporan media Korsel tersebut, dua warga China terluka dalam insiden di Provinsi Jilin ini.

China dikenal sebagai sekutu terdekat Korut, di tengah sanksi internasional yang diberlakukan terhadap negara Kim Jong Un itu karena program nuklirnya.

Namun, kejahatan di perbatasan Korut dan China yang belakangan kerap terjadi membuat hubungan kedua negara merenggang.

Pada April, tiga warga desa di China dilaporkan dibunuh oleh tentara Korut yang mencari uang dan makanan.

Tahun lalu, Korut membunuh satu keluarga China beranggotakan tiga orang. Akibat aksi tersebut, Beijing melayangkan surat protes formal ke Pyongyang pada Januari lalu.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.