Beranda Nasional Besok, Perayaan ke-13 Tahun “Car Free Day” Digelar di Sudirman-Thamrin

Besok, Perayaan ke-13 Tahun “Car Free Day” Digelar di Sudirman-Thamrin

1024
0
Sebarkan

tumblr_mmgiqdkA2w1qkahb5o1_1280Jakarta, sewarga.com – Kegiatan Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) sudah menjadi bagian dari kehidupan warga Jakarta. Setiap hari Minggu, warga bebas menggunakan ruas jalan di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman dengan berbagai kegiatan.

Tahun ini, kegiatan HBKB pelaksanaannya telah menginjak tahun ke-13.  Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar perayaan 13 tahun penerapan HBKB, Minggu (27/9). Perayaan akan dilakukan di sepanjang jalan Thamrin hingga Sudirman.

Ketua Panitia Perayaan 13 Tahun CFD Alfred Sitorus mengatakan, ada berbagai macam kegiatan yang akan memeriahkan perayaan 13 tahun HBKB. Termasuk, mengundang beberapa negara sahabat seperti Bangkok dan Malaysia.

“Kegiatan yang akan kita lakukan, di antaranya mendirikan tiga panggung di Jalan Imam Bonjol, pertigaan Jalan Teluk Betung dan Jalan Sudirman sisi Timur. Nanti, di panggung utama yang di Jalan Imam Bonjol, Gubernur DKI, Pak Basuki akan memberi sambutan dalam kegiatan ini,” kata Alfred, Sabtu (26/9).

Selain itu, juga ada deklarasi yang dilakukan tim dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di DKI Jakarta di panggung utama. Deklarasi tersebut mengajak masyarakat memahami tujuan dari HBKB yang dilaksanakan setiap minggu.

Setelah deklarasi, ada pelaporan mengenai pengukuran kualitas udara di Jakarta dari Januari hingga September 2015. Lalu disampaikan pesan fokus dari HBKB adalah menjaga kebersihan, pengendalian pencemaran udara, uji emisi dan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

“Semua itu kami lakukan supaya masyarakat tahu dan paham, untuk apa jalanan dikosongkan setiap hari minggu. Bukan hanya sekadar menikmati jajanan, berolah raga dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Kemudian, untuk menggalang aspirasi masyarakat mengenai pelaksanaan HBKB selama ini, pihaknya akan memasang kanvas berukuran besar dalam perayaan besok. Di atas kanvas itu, masyarakat bebas menuangkan isi hatinya mengenai HBKB.

Di panggung yang berlokasi di Jalan Sudirman sisi timur, dijadikan tempat ekspresi dari berbagai komunitas masyarakat. Di antaranya, komunitas skateboard dan sepeda BMX. Sedangkan panggung di Jalan Teluk Betung akan digunakan untuk pelaksanaan games bagi masyarakat.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.