Beranda Internasional Tragedi Mina, Perwakilan Sejumlah Negara Mulai Identifikasi Korban

Tragedi Mina, Perwakilan Sejumlah Negara Mulai Identifikasi Korban

56
0
Sebarkan
 Puluhan mobil ambulan pemerintah Arab Saudi disiagakan menyusul insiden saat jemaah calon haji melempar jumrah di Mina, Arab Saudi. (AFP Photo/Str)
Puluhan mobil ambulan pemerintah Arab Saudi disiagakan menyusul insiden saat jemaah calon haji melempar jumrah di Mina, Arab Saudi. (AFP Photo/Str)

Mina, sewarga.com – Perwakilan dari Pakistan, Mesir, Iran, India dan negara-negara lainnya mulai mengidentifikasi warga negara mereka di antara 717 jemaah yang tewas, dalam insiden terinjak-injak saat pelaksanaan lempar jamrah, di Mina, Arab Saudi.

Jenazah korban dipindahkan dari rumah sakit ke kamar mayat di daerah Muaisam, Mina, sepanjang Kamis malam.

Di kamar mayat itu, jenazah dibersihkan dan difoto untuk identifikasi. Cap ibu jari mereka diambil untuk membantu mencocokkan dengan data para jemaah yang masuk ke imigrasi Arab Saudi pada saat kedatangan.

Pihak berwenang menampilkan foto sekitar 500 orang korban untuk diidentifikasi oleh para kerabat dan pemimpin kelompok haji.

Sekitar 300 warga Pakistan dilaporkan hilang. “Mereka yang hilang sebenarnya 432 tapi 100 orang ditemukan pada Jumat,” kata seorang relawan haji dari Pakistan yang minta tidak disebutkan namanya.

Sepuluh warga Pakistan dikonfirmasi meninggal dunia dan tujuh orang terluka. Sementara India mengidentifikasi ada 16 jenazah.

Pihak berwenang di Indonesia mengatakan, setidaknya tiga jemaah Indonesia meninggal.

Adapun pejabat Kenya menyatakan, tiga orang dari negara mereka meninggal dalam kejadian itu.

Menteri Wakaf Mesir Mohammed Mokhtar Gomaa kepada kantor berita MENA mengatakan, korban meninggal dari negaranya 14 orang dan 30 orang lainnya luka-luka.

Kemudian, empat warga Turki tewas dan lima orang lainnya masih hilang. Sementara Iran mengonfirmasi 131 orang warganya meninggal dalam peristiwa itu.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.