Beranda Internasional Masjid Baitul Futuh di Inggris Terbakar

Masjid Baitul Futuh di Inggris Terbakar

257
0
Sebarkan

56069ad1c3618834248b45dcLondon, sewarga.com – Satu masjid terbesar di Eropa barat yang terletak di pinggir kota London terbakar dan satu orang dilarikan ke rumah sakit karena menghirup asap.

Masjid Baitul Futuh di Morden, London Selatan mulai terbakar sekitar tengah hari waktu setempat dan api bisa dikendalikan beberapa jam kemudian.

Petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi api agar tidak menyebar sehingga hanya melanda gedung adminstrasi dan masjid itu sendiri berhasil diamankan.

“Kami berhasil memastikan api tidak menyebar dari gedung administrasi ke masjid,” kata Phillip Morton, manajer dinas pemadam kebakaran Croydon, London.

Media Inggris melaporkan tujuh puluh petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi api yang hingga kini belum diketahui asalnya itu.

Masjid ini dibangun untuk Muslim Ahmadiyah pada 1999 dengan kapasitas untuk 10 ribu orang. Namun, saat kebakaran hanya segelintir orang berada di kompleks ini dan mereka berhasil dievakuasi.

“Kami mendapat kabar bahwa saat ini masjid itu sendiri aman dan tidak tersentuh oleh api,” kata Fareed Ahmad, sekretaris nasional Komunitas Muslim Ahmadiyah Inggris, seperti dikutip harian Independent.

Anggota dewan daerah setempat Stephen Alambritis menggambarkan masjid itu merupakan “tempat penting” di wilayah tersebut dan kerusakan pada gedung yang indah ini akan memukul komunitas.

Dia mengatakan masjid itu merupakan gedung yang aman karena dijaga oleh petugas keamanan, dia juga mengindikasikan bahwa api kemungkinan disebabkan oleh kegiatan persiapan memasak bukan aksi pembakaran.

 


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.