Beranda Nasional Ahok Tawarkan Korban Kebakaran Tambora Jakbar Pindah ke Rusunawa

Ahok Tawarkan Korban Kebakaran Tambora Jakbar Pindah ke Rusunawa

132
0
Sebarkan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. [suara.com/Oke Atmaja]
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. [Foto:suara.com/Oke Atmaja]
Jakarta, sewarga.com – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menawarkan kepada warga korban kebakaran di Kelurahan Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, yang terjadi pada Sabtu (26/9) sama seperti halnya warga korban gusuran di bantaran kali.

Penawaran tersebut berupa kepemilikan tanah yang menjadi pemukiman warga tersebut diganti 1,5 kali luas tanah yang mereka miliki, tetapi berupa rumah susun sewa (rusunawa).

“Makanya saya tawarkan untuk yang punya tanah sudah jelas kan, kalau kamu punya tanah dan sertifikat tapi kumuh, saya bongkar setengah jadi taman dan setengah jadi apartemen terus 1,5 kali buat kalian,” ujar Basuki di Balai Kota, Senin (28/9).

Dengan demikian, kata Basuki, apabila warga tersebut memiliki tanah seluas 100 meter, maka akan mendapat unit rusunawa sebanyak lima unit termasuk sertifikat hak miliknya.

Namun bagi yang tidak memiliki sertifikat, maka hanya akan diganti sebanyak 1,2 kali saja. Dengan demikian, katanya, maka warga pun akan mendapat ganti yang lebih seimbang. Basuki mengakui saat ini kebakaran di Jakarta sudah berkurang cukup banyak.

“Tapi juga harus kita akui kebakaran semenjak kita penyuluhan-penyuluhan lewat kecamatan kelurahan, kebakaran berkurang banyak. Dulu ribuan setahun. Ini masih ngomong ratusan. Kita sudah berusaha tekan,” katanya.

Kebakaran yang terjadi di Tambora pada Sabtu (26/9) lalu mengakibatkan sebanyak 1.200 jiwa kehilangan tempat tinggal. Oleh karena itu, Basuki pun meminta kepada warga korban kebakaran tersebut untuk bersedia direlokasi ke rusunawa.


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.