Beranda Nasional PDI-P: Pengibaran Bendera Palestina di PBB Momentum Bersejarah

PDI-P: Pengibaran Bendera Palestina di PBB Momentum Bersejarah

78
0
Sebarkan
 Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menyampaikan pidato di hadapan kader saat Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDI-P di Kota Jambi, 12 Agustus 2015 (Suara Pembaruan/Asni Ovier)
Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto menyampaikan pidato di hadapan kader saat Rapat Kerja Daerah Khusus (Rakerdasus) PDI-P di Kota Jambi, 12 Agustus 2015 (Suara Pembaruan/Asni Ovier)

Jakarta, sewarga.com – PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas berkibarnya bendera negara Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pengibaran bendera tersebut merupakan momentum yang bersejarah dan kini tinggal memastikan agar PBB benar-benar menjamin keanggotaan penuh Palestina di badan dunia tersebut.

Demikian tanggapan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto atas pengibaran bendera Palestina di organisasi dunia, Jumat (2/10).

‎”Berkibarnya bendera Palestina di PBB tidak hanya simbol kemerdekaan dan keanggotaan penuh Palestina di PBB. Simbol kedaulatan penuh Palestina kini telah berkibar di angkasa raya di badan dunia tersebut,” ujar Hasto.

Bagi PDIP, peran Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan sepenuhnya bangsa Palestina merupakan amanat Pembukaan UUD 1945, di mana disebutkan kemerdekaan ialah hak segala bangsa. Karena itu penjajahan harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

“Atas dasar hal itulah maka Bung Karno melalui Konferensi Asia Afrika (KAA) mengundang Palestina untuk hadir sebagaai salah satu peserta KAA,” ujar Hasto.

Dengan pengakuan kedaulatan tersebut, perjuangan Bung Karno di dalam membangun tatanan dunia baru sebagai pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif kembali mendapatkan legitimasinya dengan pengibaran bendera Palestina tersebut.

 

Hotman Siregar/LIS

sumber: Suara Pembaruan


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.