Beranda Nasional Uji Coba Ganjil Genap di Pintu Tol Karawaci Mulai 14 Mei

Uji Coba Ganjil Genap di Pintu Tol Karawaci Mulai 14 Mei

22
0
Sebarkan

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) memutuskan memberlakukan kebijakan ganjil-genap di pintu Tol Karawaci 2 dan 4 arah Jakarta. Pelaksanaannya akan dilakukan mulai Senin 14 Mei 2018, pukul 06.00-09.00.

“Kebijakan ini akan dimulai sosialisasi sekaligus uji coba selama dua minggu mulai Senin 14 Mei 2018,” ucap Kepala BPTJ Bambang Prihartono, dalam keterangan resminya, Jumat (11/5/2018).

Kebijakan ini diberlakukan setelah Dinas Perhubungan DKI Jakarta membenahi sirkulasi lalu lintas Simpang Tomang, Jakarta Barat. Pihaknya telah melakukan survei dan analisis khususnya pada lampu merah di Simpang Tomang.

Hasilnya, dengan menambah 15 detik lampu hijau di pintu tol Tangerang arah Jakarta akan mengurangi antrean kendaraan hingga 35%. “Pada saat dilakukan perhitungan dan analisis, dari antrean kendaraan sepanjang 4,1 km bisa berkurang menjadi 2,7 km,” ujarnya.

Meski demikian, ia tidak menampik kebijakan ini menambah padat sejumlah ruas tol lainnya. Salah satunya penumpukan kendaraan di Simpang Tomang arah Slipi.

Penerapan ganjil-genap di Tol Karawaci merupakan tindak lanjut penerapan ganjil-genap di pintu tol Tangerang 2 dan Kunciran 2. Selain itu, langkah ini juga merupakan strategi awal mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018.

“Asian Games tinggal beberapa bulan lagi, satu masalah yang harus dipecahkan adalah kemacetan. Kebijakan ganjil-genap saat ini merupakan proses agar masyarakat nantinya siap mendukung pengaturan lalu lintas selama Asian Games berlangsung,” kata Bambang. (Stanly Ravel)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Ganjil-Genap di Pintu Tol Karawaci Diuji Coba 14 Mei

Artikel Asli


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.

Please enter your comment!
Please enter your name here