Beranda Politik Keutamaan BerQur’ban bagi umat islam

Keutamaan BerQur’ban bagi umat islam

28
0
Sebarkan

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ يَوْمَ النَّحْرِ عَمَلًا أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هِرَاقَةِ دَمٍ وَإِنَّهُ لَيَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَظْلَافِهَا وَأَشْعَارِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنْ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ عَلَى الْأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Artinya:

Dari Aisyah, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah ‘Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada Allah ‘Azza Wa Jalla sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, Al-Hakim berkata isnad hadits shahih)

Hadits Kedua:

عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ قَالَ قُلْتُ أَوْ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا هَذِهِ الْأَضَاحِيُّ قَالَ سُنَّةُ أَبِيكُمْ إِبْرَاهِيمَ قَالُوا مَا لَنَا مِنْهَا قَالَ بِكُلِّ شَعْرَةٍ حَسَنَةٌ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ فَالصُّوفُ قَالَ بِكُلِّ شَعْرَةٍ مِنْ الصُّوفِ حَسَنَةٌ

Dari Zaid bin Arqam ia bekata; Saya berkata atau mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, untuk apakah hewan kurban ini?” beliau menjawab: “Yaitu sunnah bapak kalian Ibrahim.” Mereka bertanya lagi, “Lalu kebaikan apakah yang akan kami peroleh darinya?” beliau menjawab: “Setiap helai dari bulunya adalah kebaikan.” Mereka bertanya lagi, “Bagaimana dengan domba?” beliau menjawab: “Setiap helai bulu domba itu adalah bernilai satu kebaikan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al-Hakim, dia berkata Isnadnya Shahih)

Hadits ketiga:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فََلاَ يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Artinya:
Dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam Bersabda: “Barangsiapa mendapatkan kelapangan dalam rizki namun tidak mau berkurban maka janganlah sekali-kali mendekati masjid kami.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Al-Hakim, dan ia menshahihkannya, dan disetujui oleh Adz-Dzahabi, Al-Hafidh Ibnu Hajar merojehkan bahwasanya hadits ini maukuf (sampai kepada shahabat saja).

Keutamaan berqurban  salah satunya

 Mendapat  pengampunan  dari Allah Swt                                             Dan Allah telah berbicara bahwa berbahagialah bagi kalian yanng berqurban , karena dari nerqurban ini , maka  dosa-dosa yang di lakukan niscaya akan di ampuni oleh Allah Swt .                                             Dan Nabi SAW pernah bersabda  ”    dan menyuruh  Fatimah , bahwa pada waktu Fatimah melakukan  Qur’ban  Nabi SAW menyuruh kepada fatimah untuk menyaksikan penyembelihan hewan Qur’ban nya itu dan beliaupun berkata , sesungguhnya kamu di ampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa – dosa yang kamu lakukan.                                                “Sesungguhnya shalatku , sembelihanku, hidupku , dan matiku hanya untuk Allah SWT . tuhan semest alam ” (HR.Abu Daud dan At.Tirmizi ).

Mendapat Ridho Allah Swt

Sesungguhnya seorang muslim pasti akan di sangat ingin mendapat ridho nya dari allah karena semua yang kita lakukan di dunia ini tak lain karena ingin mendapatkan keridhoan dari allah swt .

Amal Ibadah Yang Sangat dicintai oleh Allah SWT

BerQurban juga adalah salah satu ibadah yang sangat di cintai oleh allah swt , sebab dengan berqurban  kita mampu melakukan dan mendapatkan kecintaan allah kepada kita , dan ketika allah sudah suka sama  hamba nya , apapun yang di minta oleh hambanya in sya allah akan di kabulkan .

oleh karena itu mari kita berlomba  lomba dalam mendaptkan ridho dan cinta nya allah swt yaitu dengan cara berqurban .

dan untuk memudahkan orang yang mau berqurban penulis mengajak kepada pembaca untuk berqurban di LAZHARFA BANTEN , Lazharfa adalah salah satu lembaga amil zakat yang bersekla di propinsi banten dan satu-satunya laz yang mendapat izi resmi dari kementrian Agama terkait penghimpuna ZIS , Zakat , infak , dan Sedekah .

 

info rekening kebaikan BTN Syariah 71191003624 an Yayasan Harfa Banten

konfirmasi donasi atau Qurban

http://gg.gg/anisLazHarfa

atau hubungi kontak ini  ANIS : 081398479592

 


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.