Beranda Politik kepemimpinan dalam oligarki

kepemimpinan dalam oligarki

24
0
Sebarkan

Sewarga.com .Lamongan,Apakah yang anda ketahu tentang kepemimpinan? Apakah anda tahu jenis-jenis kepemimpinan? yakni, ada pemimpin yang bijak ada juga yang pekok. Begitupun juga yang berfantasi sebagai pemimpin.

Ciri-ciri pemimpin yang memiliki kualitas sebagai pemimpin, adalah orang yang mampu menyederhanakan masalah ketidak-stabilan yang datang dari luar semisal bencana alam dan infasi, menekan kenaikan dolar dst, untuk negara-nya. Sedangkan pemimpin yang tidak punya kualitas dan integritas selalu membuat masalah yang sederhana menjadi rumit, sehingga negara-nya menjadi tidak stabil karena kebanyakan utang, kenaikan harga bahan pokok, listrik, bbm dsb.

Di Yunani pada abad kesembilan SM ada penyair hebat bernama, Homer penulis puisi epik, “The Iliad” yang menceritakan tetang Achilles dan pertentangannya dengan komandannya Agamemnon tentang Briseis, seorang perempuan pemuja Dewa Apollo yang cantik dan cerdas dari kerajaan Troya yang ditawan oleh pasukan Achilles.

Achilles demi cinta-nya kepada Briseis, menolak bertempur melawan Troya. Bagi Achilles, Agamemnon adalah pemimpin yang bodoh dan pengecut, dan Achilles tidak akan mencari lawan yang bodoh dan pengecut. Maka ia tidak mau patuh pada Agamemnon (sistem) pemimpinnya yang bodoh dan pengecut itu.

Tetapi saat temannya Patroclus dibunuh oleh Hector jendral perang Troya yang cerdas-tangkas itu, maka demi rasa persatuan dan kesetia-kawanan, Achilles memasuki pertempuran untuk membalas dendam atas kematian temannya itu. Hector pun tewas di tangan Achilles dan Troya pun kalah.

Jika kita berhenti mengunakan nalar atau membabi-buta menerima sebuah sistem politik yang dipraktekan oleh pemimpin bodoh, maka kita tak lebih seperti patung, kita berhenti bertumbuh, malah cendrung rapuh. Dan Achilles bukan patung. Ia adalah ciri pemimpin yang memiliki kualitas memimpin yang baik, mendahulukan cinta daripada fanatisme buta. Ia memberi kita pelajaran untuk mengutamakan orang-orang (Patroclus)yang di pimpin olehnya daripada kepemimpinan oligarki agamemnon.
Penulis :Rifki Rahman Taufik
Alamat :Wanar -Pucuk Lamongan
Hobi : mendaki kunung
Foto.penulis


Artikel ini ditulis oleh kontributor. Segala proses penulisan diluar tanggung jawab sewarga. Sewarga adalah wadah warga untuk memuat karya tulisannya.